Kamis, 09 Februari 2012

Pembuatan Program bercabang/ berkondisi pada PHP

2. Pembuatan Program bercabang/ berkondisi pada PHP


Struktur kendali percabangan (pengambilan keputusan) struktur kendali yang berfungsi untuk melakukan pemilhan atas perintah yang akan dijalankan sesuai dengan kondisi tertentu. Ada empat perintah percabangan dalam PHP, yaitu if, if..else, if..elseif, dan switch.

Dalam tutorial ini, saya menggunakan perintah if..else
Perintah if..else digunakan untuk memilih salah satu pernyataan berdasarkan suatu kondisi. Perintah ini akan menjalankan pernyataan tertentu bila kondisi bernilai benar dan akan menjalankan pernyataan yang lain jika kondisi bernilai salah. Sintaks penulisannya adalah sebagai berikut:

If (kondisi) {
Statement-jika-kondisi-true;
} else {
Statement-jika-kondisi-false;
}

Keterangan:
Kondisi meupakan statemen atau variabel yang akan diperiksa TRUE atau FALSE-nya. Jika kondisinya TRUE maka statemen yang berada di blok if akan dieksekusi, sebaliknya jika kondisinya FALSE maka statemen yang berada di blok else yang akan dieksekusi

Langkah pembuatan:
Setelah apache dan mysql telah berjalan, bukalah teks editor lalu buatlah file berekstensi php dan buat kondisinya seperti yang telah dijelaskan tadi. Contoh:


Save di direktori htdocs dengan ekstensi .php


Setelah itu, buatlah form isian untuk input datanya dengan menggunakan teks editor:
Contoh:


Setelah itu, save di direktori htdocs dengan ekstensi .htm

Untuk membuktikan script yang dibuat telah berhasil, maka buka file berekstensi .htm yang tadi dibuat, lalu inputkan sebuah data pada form isian
Dan hasilnya adalah:

0 komentar:

Posting Komentar